Home UMUM Muludan dan Memperingati Hari Lahirnya Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Muludan dan Memperingati Hari Lahirnya Baginda Rasulullah Muhammad SAW

12 Rabiul Awal tahunnya tahun Gajah itulah lahirnya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Nah pada tahun 2018 tepatnya pada hari Selasa 20 November ini semua umat islam biasanya memperingati yang namanya Muludan.

Muludan dan Memperingati Hari Lahirnya Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Memperingatinya Kebanyakan ada yang mengadakan pengajian, siraman rohani di masjid-masjid. Ehmmm pastinya teringat jaman kecil dulu yah. Seneng banget kalau ada pengajian-pengajian bukannya dengerkan kiyai nya ceramah eee malah rebutan minta jajan yang dibagikan dengan gratiss.

Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan maulid nabi inilah penjelasannya

Muludan

Arti dari maulid tak berbeda dengan kata milad dengan kata lain hari lahir. Jadi, maulud nabi dapat diartikan sebagai hari lahirnya Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Dengan adanya maulid nabi, semua umat Islam diharapkan agar dapat mengingat kembali alangkah gigih perjuangan rasul dalam merintis dan mengembangkan ajaran Islam di tengah tradisi dan kebiasaan Arab yang waktu tersebut dalam suasana jahiliyah.

Umat muslim harus ingat satu hal yang mesti dilaksanakan saat merayakan maulid nabi yaitu meneladani sikap dan perbuatan, khususnya akhlak mulia yang agung dari Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Dalam hal ibadah, akhlak mulia dan agung dari Baginda Rasulullah Muhammad SAW itulah yang mesti ditiru, dicontoh dan diteladani. Padahal anda tahu, Islam sebagai agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW rahmatan lil alamin.

Yang artinya, Islam membawa rahmat bagi seluruh alam semesta, tidak saja umat Muslim atau manusia saja, namun seluruh makhluk didunia dari mulai hewan, tumbuh-tumbuhan, dan alamnya.

Tidak Ada Komentar

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here