Beranda CPNS Segera Di Buka CPNS 2018, Sarjana Jurusan Ini Lho Yang Paling Hoki,...

Segera Di Buka CPNS 2018, Sarjana Jurusan Ini Lho Yang Paling Hoki, Kamukah Itu

CPNS 2018 – Tidak lama lagi, pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk gelombang ke-3 tahun 2018 akan segera dibuka. Hal ini merupakan kabar gembira tersendiri bagi sarjana di seluruh Indonesia.

CPNS 2018
CPNS 2018

 

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil  rencananya akan segera dibuka setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018 atau setelah hari raya Idulfitri 1439 H.

Akan tetapi di tengah upaya berburu informasi tersebut, ternyata ada oknum yang memanfaatkannya dengan cara memberikan informasi palsu.

Satu di antaranya adalah informasi Laporan Penetapan e-formasi tenaga Honorer, Pegawai tidak tetap, PT Non-PNS dan Tenaga kontrak Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019 yang mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) yang memuat formasi sejumlah Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pemerintah rencananya akan membuka penerimaan CPNS tahun 2018 setelah proses Pilkada selesai, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Tetapi sampai hari ini Pemerintah belum menerbitkan surat resmi tentang formasi CPNS TA 2018. Jadi surat tentang laporan penetapan e-formasi itu adalah hoax,” ujar Ridwan, seperti di lansir dari laman resmi Bkn.go.id.

Ridwan juga mengatakan supaya masyarakat tidak percaya pada informasi yang tak jelas kebenarannya. Informasi resmi penerimaan CPNS cuma dikeluarkan oleh Kemenpan RB dan BKN melalui situsnya adalah www.bkn.go.id dan media sosial resmi milik BKN.

Didalam siaran persnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Asman Abnur mengungkapkan, proporsi terbesar formasi CPNS pada tahun ini akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis, guna untuk mendukung pembangunan daerah yang tertinggal, terluar, dan juga terdepan.

Ini merupakan kabar gembira bagi para sarjana pendidikan, keperawatan, kedokteran, maupun teknik.

CPNS 2018

Rekrutmen calon Pegawai Negeri Sipil akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, ketahanan energi, poros maritim, dan juga ketahanan pangan.

Saat ini jumlah Pegawai negeri sipil atau Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional adalah sekitar 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana atau administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 %.

Untuk dapat mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah akan menyelenggarakan program strategis yang diawali dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, dan reformasi kesejahteraan.

Asman juga menyinggung kalau Indonesia dan dunia tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0 yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, dan terintegrasinya.

Maka dari itu, diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, mempunyai daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, pastinya tetap harus mempunyai rasa nasionalisme dan berintegritas.

Untuk itu, didalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 harus berdasarkan enam prinsip yaitu : transparan, adil, kompetitif, objektif, bersih dari praktek KKN dan tidak dipungut biaya.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here