Tips dan trick

Tips Belanja Online di Tokopedia dan Bukalapak Supaya Aman

Tips Belanja Online Supaya Aman – Banyaknya peminat beli barang online seperti di tokopedia dan bukalapak tidak menjamin selalu aman. Seseorang untuk berbuat nipu, selagi ada kesempatan pasti akan dipergunakan dengan sebaik baiknya. Walaupun toko online tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman maupun rekber.

Pada kali ini saya akan membahas bagaimana sih supaya beli barang online itu aman dari penipuan.

Tips Belanja Online Supaya Aman
Tips Belanja Online Supaya Aman

Tips Belanja Online Supaya Aman

Contoh ini kejadian temen saya beberapa minggu yang lalu. dia membeli barang kulkas secara online sebut saja di tokopedia dengan harga sekitar 6 jutaan. dengen percaya dirinya dia langsung transaksi dan bayar sesuai prosedur tokopedia.

Selang beberapa jam kemudian diresponlah itu pengiriman dan langsung diproses sama penjual. dengan adanya pemberitahuan selamat barang sudah kirim dengan nomor resi gojek xxx.

Tentunya hati temen saya senang barang bentar lagi nyampe. Perlu anda ketahui disini penjual dengan ketentuan sudah sama ongkir jadi ongkos kirim ditanggung sama penjual dengan alasan dia punya mobil pengiriman barang.

Tidak lama kemudian datanglah itu invoice yang dari gojek, sama temen saya diterima, dia tanya Kulkas nya mana om? dengan jawaban lagi dalam deleveri dengan mobil khusus pengiriman barang. dia percaya aja.

Maka otomatis kalau sudah menerima itu invoice dari gojek maka status pengiriman dari tokopedia dianggap telah selesai atau barang sudah di terima sama pembeli.

Baca juga :

√ Cara Menggunakan dan Pakai OVO Paylater di Tokopedia

Selang beberapa menit penjual menghubungi kalau barangnya tak ada dan minta cancel. dan disaat penjual minta cancel , penjual minta kode otp, Kan aneh.

Pada awalnya temen saya nolak tak mau ngasih tapi penjual dengan alasan kode otp boleh dikasih sama penjual dan pembeli. Pada akhirnya dikasih lah itu kode otp dan disaat itu juga saldo yang sekitar 6 jutaan itu ludes diembat sama si penipu.

Kesimpulan :.

  1. Jangan sekali kali memberikan kode otp kesembarangan orang dengan alasan apapun, karena itu kode otp sama saja dengan pengaman atau pasword.
  2. Jangan langsung transfer ke rekening penjual ikuti saja prosedur dari toko online masing-masing.
  3. Lebih baik Cod itu malah 100% aman dari namanya penipuan.

Nah itulah Tips Belanja Online Supaya Aman dan Supaya Tidak Ketipu. Semoga bermanfaat.